Selasa, 07 Juli 2009

Mengenal sekilas : Paguyuban Pusara Wandawa Singodiwangsan

Pengantar
Pada saat Himpunan Pusara Wandawa yang didirikan oleh R. Soepomo Prawiro Tanoyo di Jl. Gowongan Kidul 58A Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1952 : "yang dapat diterima menjadi anggota yaitu keturunan dari almarhum R.A.A. Rogowongso ( Danoeredjo Patih Kartosuro ) ialah yang menurunkan Bupati Pertama di Purworejo, baik laki-laki maupun perempuan, keatas dan/atau kebawah yang menyatakan kesediaannya baik secara tertulis maupun dengan lisan kepada pengurus" Raden Rogowongso/Tjokrodjojo III adalah cucu dari Tjokrodjojo I/Sunan Geseng/Ki Ageng Gribig atau juga adalah cucu Gantung Siwur dari Nyai Begelen/Rara Wetan. Raden Adipati Danoeredjomengabdi menjadi Patih dari tiga orang Raja di Kartosuro berturut-turut Sunan Pakoe Boewono I, Sunan Prabu Mangkurat Agoeng dan Sunan Pakoe Boewono II, yang terakhir ini juga merupakan saudara kandung Raden Ayu Tungle. Adapun Raden Ayu Tungle/Kleting Dadu kemudian menjadi istri R. Rogowongso dan menurunkan Nyai Nosingo yang besuamikan Kyai Nosingo keturunan Prabu Browidjojo V Majapahit ; yang kemudian menurunkan dua orang putra yaitu Raden Mas Singowidjojo dan Raden Mas Singoganti, seterusnya sampai tingkat Raden Singodiwongso/Kyai Singodongso ke bawah. Tanpa mengurangi niat luhur dari pendiri Himpunan Pusara Wandawa 29 Juni 1952 untuk mengikat tali silaturakhim tersebut, kiranya akan sulit sekarang ini mewujudkan niatan tadi mengingat kerabat yang akan dihimpun sudah sedemikian banyak dan tersebar diseluruh penjuru Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahkan merambah sampai kemancanegara. Untuk itu kami keturunan Raden Singodiwongso/Kyai Singodongso, berusaha untuk menghimpun kekerabatan terbatas dalam lingkup keturunan Raden Singodiwongso/Kyai Singodongso kebawah dan seterusnya. Usaha inipun bukan merupakan pekerjaan mudah, karena tidak semua keturunan Raden Singodiwongso aktif mengikuti kegiatan himpunan keluarga ini. Selanjutnya setelah sekian tahun sejak berdirinya Himpunan Pusara Wandawa di Yogyakarta maka pada tanggal 29 Juni tahun 2006 di Jakarta diprakarsai bentuk suatu wadah kekerabatan dengan nama Paguyuban Pusara Wandawa Trah Raden Singodiwongso/Kyai Singodongso.
Susunan Pengurus :
Pelindung
R. Soebronto Ranoeprawiro/ A7B13

Penasehat
1. R.Sri Koentjoro Sontomardono/A3B2C12

2. H.R. Soedarmadi Prawiro Tanojo/A7B1C10

3. Drs. H.R.P. Cahyo Adi, SH,LLM/A7B11C2

Ketua

Ir.H.Hidayat Machmoed /A3B2C4D2

Wkl Ketua

Hj.R.Ngt.Soebarjati Soeprapto/A7B2C1D1

Sekretaris

Ir.Kunto Wibisono,Msc/A3B3C14D1

Bendahara
Ir.Yopi Wahyu Purnomo/A7B1C9D1

Komisariat
A1.
Subarkah/A1B4C8D2 - X
A2.
( Tidak ada keturunan )
A3.
R.Bambang Eko Haryoko Nugroho /A3B6C2D1
A4. R.Djoko Trisuri/A4B1C9D1
A5. R.Bambang Poernomo/A5B3C1D1
A6.
-
A7.
R.Siswo Sukamto, SH /A7B4C2D6
A8. R. Drs. Suroso /A8B5C2
A9.
-

Putra putri keturunan R. Singodiwongso
A 1. R.Ngt.Singosasmito
A 2. R.Ngt.Tjokrodrijo
A 3. R.Kromoprawiro
A 4. R.Soeroprawiro
A 5. R. Singodarmo
A 6. R.Ngt.Kartosonto
A 7. R.Ranoeprawiro
A 8. R.Wirjodikromo
A 9. R.Ngt.Soerowirjo

Trah R.Singodarmo A5
Sebagai pengemban amanat Komisariat A5 Paguyuban Pusara Wandawa , penulis berupaya untuk menelusur, melakukan komunikasi dan menghimpun trah/keturunan dari R.Singodarmo dimanapun berada. Namun karena keterbatasan pengetahuan dan beradasarkan silsilah tertulis saja, maka sangat tidak mungkin untuk memaparkan secara lengkap data trah dari R. Singodarmo. Oleh karena itu diharapkan blog ini dapat menjadi jembatan bagi siapa saja putra putri, cucu, cicit, canggah dari R. Singodarmo untuk saling memberikan informasi keberadaannya.

Putra wayah R.Singodarmo :

1. R.Wirjodihardjo .... Ex Hoofd Laborant S.F. Djenar - wafat 22/10/1947
2. R.Kasmo Partowardojo .. Pens. Hoofdmantri teekenar Purwodadi
3. R. Bairoen Reksowardojo ... Wafat di Garut ... tahun ?
4. R. Ngt. Tjiploek - RR.Sastrodimedjo ..... Pens.Ka. Rumah Gadai Magelang
5. R.Ngt.Siti - Sastrosoedarmo ... Semarang
6. R.Soedarsono
7. R.Waroeto Hardjosoewito ........ Selecta, Batu
8. R.Ngt. Paikem - Mangoenprawiro .......... Ketanggungan Brebes.

A5 B1 R.Wirjodihardjo
C1 R. Soekarso
C2 R. Ngt. Suwarni - Tjokrosoemarto
A5 B2 R.Kasmo Partowardojo
C1 R. Soedir Darmosoebroto
C2 R. Ngt. Soemarjani - Dono Hoesodo
C3 R. Soemarjono
C4 R. Darmojo - Darmopranoto
C5 R. Darmaji Jony Poernomo
C6 R. Soenarjo
C7 R. Ngt. S.Kadarsih - R.S.Affandy
A5 B3 R. Bairoen Reksowardojo
C1 R. Ngt. Kartini - Birman Praptodirdjo ( A8B3 )
C2 R. Iskandar
A5 B4 R. Ngt. Ciploek
C1 R. Ngt. Soemirah - Djaswadi
C2 R. Ngt. Soekarti - Djagad
C3 R. Ngt. Suwarti - Dachlan
C4 R. Soemitro
C5 R. Ngt. Srijati - Moenadjat Siswo Soedjarwo
C6 R. Soewarno
C7 R. Ngt.Roesmini - Soemidjo
C8 R. Soeprapto
C9 R. Ngt. Soeprapti
C10 R.Soepratiknja'
C11 R.Ngt. Soepratiwi
A5 B5 R. Ngt. Siti
C1 R. Ngt. Boendari
C2 R. Ngt. Soemarni
C3 R. Ngt. Moekini
A5 B6 R. Soedarsono C1 R. Ngt. Siti Rohana
A5 B7 R.Waroeto Hardjosoewito
C1 R. Ngt. Siti Amina
C2 R. Ngt. Ertita
C3 R. Ngt. Ersoesila Harti
C4 R. Ngt. Setyaningsih
C5 R. Ngt. Endah Koestiani
C6 R. Rndro Soenarjono
A5 B8 R.Ngt. Paikem
C1 R. Ngt Wartini
C2 R. Warjono
C3 R. Warsono























40 komentar:

  1. assalamualaikum wr.wb
    kembali saya ingin menanyakan kepada bapak, untuk urutan nasab naik dari kyai nosingo itu sendiri??
    trimakasih atas informasinya...
    wassalam...

    BalasHapus
  2. saya mendapat informasi dari alm.eyang putri saya R.A sunarsih Keman istri dari R.Keman bin Ranoeprawiro dr jenar purworejo.
    yang saya ketahui bahwa saudara kandung eyang saya R.Keman bin Ranoeprawiro mayor purn. TNI AL(putra pertama) adalah jendrl.purn polisi R.Sidik permana (eyang slamet) mantan kapolwil Jatim....
    mohon sekiranya petunjuk apakah kami masih satu nasab dengan trah...?
    matur nuwun..
    wassalam

    BalasHapus
  3. Sdr.f.anton.f,trima kasih atas atensinya.Berkaitan dengan pertanyaan2 yg anda sampaikan, sebatas info yang kami miliki sbb :
    I Mengenai asal usul Kyai Nosingo :
    1.Prabu Browidjoyo V raja di Majapahit, berputra
    2.R.Lembupeteng di Tarub, berputra
    3.R.Doekoeh/Kyai Ageng Wonosobo, berputra
    4.Paneran Madepandak I, berputra
    5.Kyai Ageng Pakiringan, berputra
    6.Kyai Djoeroemartani/adipati Mondoroko,berputra
    7.Kyai Singontoko, berputra
    8.Kyai Hoedanasrep di Kaniten, berputra
    9.Kyai Pronoito I/Adipati Bragolan I,berputra
    10.Kyai Soetodjojo/Adipati Bragolan II,berputra
    11.Kyai Pronoito II/Adipati Bragolan III,b'putra
    12.Kyai Tjitrodjojo/Tjitroleksono di Bragolan,
    menurunkan Kyai Nosingo di Bragolan dan mempunyai istri R.Ayu Nosingo ( putri dari R.Adipati Danoeredjo/Kyai Tjokrojoyo III/Rogowongso di Kartosuro).
    II. Mengenai R.Ranoeprawiro
    Didalam silsilah kami, diterangkan bahwa salah satu putra Kyai Nosingo bernama Raden Mas Singoganti (Jenar), menurunkan R.Singodrio(Bakungan),berputra R.Singowidjojo di Bragolan selanjutnya berputra R.Singodiwongso/Kyai Singodongso di Bakungan.
    Kemudian salah satu putra R.Singodiwongso adalah R.Ranoeprawiro ( putra ke 7 )
    R.Ranoeprawiro memang diterangkan mempunyai 2 istri Pertama : R.Ngt.Ranoeprawiro (alm) wafat th.1902 di Krotakan,Bakungan, Jenar. Kedua : R.Ngt.Ranoeprawiro (alm) wafat 1969 di Malang.
    Disebutkan bahwa R.Ranoeprawiro mempunyai 13 anak. Catatan yang saya miliki ke 13 anak tsb kalau tidak salah dari istri ke dua. Saya tidak tahu pasti apakah R.Ranoeprwiro yang dimaksud adalah ayah dari R.Keman ( eyang kakung anda ). Untuk lebih jelasnya kami mengharapkan anda menghubungi salah satu cucu dari R.Ranoeprawiro yaitu Bp. Eddy Soedarmadi (Brigjen TNI Purn) alamat Jl Kebon Baru no.12 RT.005/07, kel. Kebon Baru, kec.Tebet Jakarta 12830. Telp. (021)8292577. Demikian penjelasaan kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari trah R NGT singosasmitho sejarahipun pripun nggeh

      Hapus
  4. Ass, mohon info pak..berkaitan dengan nasab leluhur kami,eyang buyut kami R. Reksan Cokroperbowo - R.Ng Bahuredjo - R. Ronggo Niloperbowo - R.T Ronggo Cokroyudo - RT. Nilosrobo II - RT. Rogonoyo -R.T Kertomanggolo - BRAy Danuredjo , apakah BRAy. Danuredjo ini istri patih danurejo Kartasura atau Danurejo I patih Yogyakarta? nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kita sama trah bray. danuredjo. dan setahu saya mas agung. bray danurejo ini blm terpisah jogja solo. masih asli utuh. R Hj Harun Al Rasyid - R. Wanadimejo - R. Wanaresa - R. Wanasari - R. Wanasalam - R.Ay Cakramenggala - RT Raganaya - RT Nilasraba -- R.Ng.Kertamenggala - BRAy. Danurejo

      Hapus
  5. ass. wr. wb..
    berkaitan dengan pertanyaan Bapak/Ibu..kamipun ingin mengetahuinya..dikarenakan..kamipun memiliki pertalian darah dengan BRAy. Danuredjo yang notabene adalah buyut sebelumnya dari ayahanda kami yang bernama Dr. Soemitro Lono Sadewo Danuredjo(alm)
    terima kasih atas informasi yang telah diberikan kepada kami.

    BalasHapus
  6. ass.wr.wb
    saya cucu dari ketua pengurus paguyuban pusara wandawa bpk ir.h. hidayat machmoed,bagaimana urutan kelahiran saya di silsilah keluarga ini?

    BalasHapus

  7. Kalau cucu pertama dari putera pertama kakek Ir H.HidayatMachmoed adalah A3B2C4D2E1F1.

    BalasHapus
  8. nuwun sewu pak Bambang. Kulo bade nderek taken. Bisakah dijelaskan kepada saya hubungan antara kakek kami Tjokrokaliyoso yang di semangkak klaten dengan trah singodiwagsan? Maturnuwun

    BalasHapus
  9. mohon petunjuk pak...
    saya keturunan dari BRAy. Danurejo. orang tua ayah saya adalah R. Siswowiyoto dan eyang ayah saya adalah R. H.Harun Al Rasyid. Saya ingin mengetahui sejarah garis keturunan saya ke atas, mohon bantuannya.
    Terima kasih..

    R. Agung Haryo Yudanto

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. mohon petunjuk pak, saya masih keturunan dari Mangkurat Hagung- R. Ay Danurejo- R. Ay Nosingo- R. Ay Singobojoketodito- RM Kertodjati- R kertobono- R. NGT. Sarinem Amaredjo- R. NGT. Munfingah (nenek saya persis)
    mungkin masih ada sanak saudara disini yang masih satu keturunan dengan saya ? yang tau keberadaan sanak saudara saya yang di jogja, purworejo, ? dan mungkin ada kontak yang bisa saya hubungi? semoga bisa menambah saudara dan mempererat tali persaudaraan

    BalasHapus
  12. mohon petunjuk pak...
    saya keturunan dari Bagelen. orang tua ayah saya adalah R.Tgr Martoyo dan eyang ayah saya adalah Ki Sontowirono bin Ki kasan Istad beristri R.Ng Sontowirono ( siti aminah ). Saya ingin mengetahui sejarah garis keturunan saya ke atas, mohon bantuannya.
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asslamualaikum. salam kenal Pak Hadi haryanto bin Mbah Martoyo..saya cucu nya mbah chamidah (kakak dari mbah Martoyo). Saya juga sedang mencoba nglarah paseduluran.terakhir ketemu dengan mbah martoyo saat saya masih kecil. sayang nya saat ini bapak saya sudah meninggal jadi info nasab keatas sudah susah ditelusuri..mbok menawi Pak Hadi haryanto berkenan membantu kami cucu2 mbak Chamidah ini.

      Hapus
    2. Wa'alaykum salam warahmatullahi wabarakatuh, minta nmr wa nya mas

      Hapus
  13. Salam santun dari saya.
    Saya masih agak bingung dengan makam eyang singodiwongso.
    D semangkak klaten juga ada makam eyang beserta putra2nya kalau istri eyang ada d solo.

    BalasHapus
  14. Asslamualaikum wrwb.adakah yang menyimpan kitab silsilah keluarga kakek buyut saya (simbah singowidjojo) asal bugel krendetan purworejo? mohon bantuannya.. agar saya bisa mencari rantai yang terputus..

    BalasHapus
  15. Mohon info, saya punya kakek moyang bernama R.T Tjokroyudo, yang memiliki anak R. Bagus Bendhu dan R. Djoyosugriwo yang keduanya dieksekusi Belanda pada tahun 1828 karena membantu Pangeran Diponegoro, Makam mereka terletak di Hargorojo, Krendetan Purworejo.

    Mohon info apakah mereka memiliki keterkaitan dengan Trah keluarga Bapak?

    Mohon balasan dapat dikirim juga via email ke saefwar@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakek Buyut saya sendiri bernama R. Danusemito, ayahnya bernama R. Sukowinangun

      Hapus
  16. maaf apakah saya termasuk dalam trah ini, saya punya silsilah dari eyang dngan urutan : BRN Rogo wongso --Ratu Cokrojoyo--RM Adipati Romo leksono--RM Hardjo wongso---RM Roto wongso---R Karyo dirdjo--R Marman Cokro wijoyo..maaf karena pada kertas silsilah yg sy punya dlm tulisan jawa sehingga ada terjemahan sy yg salah...

    BalasHapus
  17. Salam kenal mau tnya apa bner uyut sya R H ibrahim singosuponto di makamkan di wonosobo desa kretek beliau pd msa hidup ny menjdi manteri cacar di kretek msih da keturunan dri R adipati aryo cokronegoro 1 anak dri R Ng singowijoyo yg msih garis keturunan dri R adipati danurejo atau cokrojoyo III, trima ksih atas info ny

    BalasHapus
  18. Sdgkan sya cucu dri R suroyo bin R H ibrahim singosuponto

    BalasHapus
  19. Mohon maaf keluarga saya sering menceritakan kalau termasuk trah Singodiwongso , tinggal di Jolotundo -Karanganom Klaten
    R.Singodiwongso salah satunya punya anak jadi Bupati Polisi Klaten namanya Mangun Negoro punya salah satunya Mangun Menggolo
    Punya anak perempuan dan lelaki
    Anak perempuan ini dikenal putri Soerabayan menikah dg Arnoldus Bernadus Christianus Dezentje ( anaknyaJOHANES AGUSTINUS DEZENTJE yg tinggal di Loji Gandrung) kakaknya putri Soerabayan itu adalah ayah nenek saya yang namanya Soedirin Wretil punya anak 3 salah satunya adalah bapak saya R Sunito
    Keluarga Dezentje itu punya pabrik Gula di Karanganom yg dibakar
    Salah satu cucunya bangun desa adat Djoengkare dan kolam renang Jolotundo
    Dikelola oleh keluarga saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbah Badri ya.sama Mbah Harto Risman

      Hapus
    2. maaf,saya sangat minim informasi,jadi ingin bertanya,apakah ada nama MARTOREDJO disilsilah trah singodiwongso,bapak saya wafat dijakarta 12 juni 2006,lahir 20 maret 1925 disolo,.di KTP dan nama penerima TASPEN bapak saya bernama MARTOREDJO BIN SINGODIWONGSO,.beliau belum sempat bercerita banyak,karena usia ku masih kecil,.ibuku pun menyusul beliau wafat sebulan setelahnya.

      Hapus
  20. Nb : Anak antara Arnoldus Bernadua Christianus Dezentje dg Nyai Soerabayan ini satu namanya Henri August Dezentje .

    BalasHapus
  21. Ralat : Mangun Negoro punya ...
    Pembetulan :
    Mangun Negoro punya anak salah satunya bernama Mangun Menggolo

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum,
    Apakah para keturunan eyang Rogowongso sdh pernah ziarah kubur atau minimal tahu makam beliau ? Perlu diketahui bukit dimana beliau dimakamkan sdh diincar oleh perusahaan yg akan mengeruk tanahnya. Klo memang mengakui keturunannya, mari berjuang bersama mempertahankan sejarah moyang kita. Tunjukkan kepedulian kita terhadap leluhur. Nuwun
    Wassalam

    BalasHapus
  24. Kalau saya mau bertanya..mbah saya di desa tapen pituruh kutuarjo bernama mbah dulasfar atau mbsh turman panggilanannya mbah carik bin raden ketodiwiryo bin raden prawiro sentono ke atas nya blm tahu..saya pernah ditunjukan silsilahnya oleh mbah putri tukiasm binti mbah duldfar tapi hilang kertas silsilahnya..bisakah bantu daya menelusuri silsilah keluarga saya ..saya dengar kalau tidak salah dari ibu saya sri rahayu mengatakan bahwa keluarga mbah daua turunan raden danurejo 4..tolong bsntu saya menyambung silsilah nya trimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  25. Saya ada silsilahnya 081318914262
    Keluarga prawirosentono masuk ke saya

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum derek tanglet, kulo saking Mojokerto boyut kulo nate sanjang, buyut kulo di paringi asmo kasan rejo, asal dan usul Ponorogo, banyu dono, jagalan.dan punya cerita keturunan mbah singo diwongso, mohon bantuannya dan pencerahan bisah di hubgi di 082351920719

    BalasHapus
  27. Salasilahipun R.Karto Sasmito ----------------------------------Prabu Mangkurat Agung ing Mataram 1.B.R.A Danurejo
    2. R.A. Nasingo
    3.R.M Singogati
    4.R.Singowijoyo
    5. R.Karto Mohamad
    6.R.Karto Sasmito -------------------------------

    Bapak, kami masih keturunan eyang R Karto Sasmito...namun kami belum tercatat di silsilah. Bagaimana prosesnya agar tercatat dalam silsilah?

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf sebelumnya sebenarnya saya sudah lama mengikuti blog ini karena silsilah keluarga saya dr almarhum eyang terpurus dan kami tidak ada bukti yg falid karena semua yg ada hubungannya dg bapak dan eyang hilang begitu saja dan eyang mempunyai sederetan nama yaitu cokro bandiran/cokro rejo/cokro drijo dan nama dr gurunya R.mohammad khafitlyo sekali lagi sya tidak ada bukti apa cumak foto lukisan eyang dan keilmuannya saja..sekali lagi mohon maaf saya hanya ingin sambung silaturrohmi trima kasih..

    Wassalam..

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum wr.wb, saya sangat minim informasi tentang keluarga saya, saya ingin bertanya apakah kakek buyut saya alm. Singopramono masih ada kaitannya dengan Trah Singodiwongso beliau dari desa Kesugihan, Kec. Purwodadi, Purworejo juga

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah ketemu saudara jauh meski hanya di blog ini. Saya Keturunan dr A3. R. Kromoprawiro. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal, nama saya yuniman hariyanto /A3.B2.C5.D10. Kita sama2 dari R.Kromoprawiro.

      Hapus
  31. Assalamualaikum. Terima kasih atas penjelasannya. Saya kemarin ziarah ke makam Eyang Singodiwongso di Semangkak, Klaten. Ada dua pertanyaan yang mengganjal bagi saya.

    Pertama. Menurut ayah saya, kami masih keturunan dari Eyang Singodiwongso dari Eyang Mangundilogo 1. Tapi saya baca di blog ini Eyang Mangundilogo 1 tidak ada dalam daftar putra dari Eyang Singodiwongso.

    Pertanyaan kedua, di makam Eyang Singodiwongso tertulis nama beliau sebagai "Kyai". Apakah beliau merupakan salah satu penyebar Islam di masanya?Mohon informasinya..

    Demikian, terima kasih atas jawabannya.

    Salam hormat, Pekik Nur S.

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum,

    salam kenal, salam persahabatan menjaiin tali silaturahim sesama kerabat Singodiwongso Purworejo Jenar. Perkenalkan nama saya : Yuniman Hariyanto /A3.B2.C5.D10 dengan email: yunimanh@gmail.com. Alangkah senang dan bahagianya saya bisa mengenal saudara2 jauh saya.

    Wassalamualaium Wrwb

    salam hornat, yuniman hariyanto

    BalasHapus